(: KREATIF BELAJAR,MENGAJAR :)

Belajar dan mengajar itulah proses yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Hal ini bisa diuraikan menjadi 2 aspek:

siswa-kelas-v-sd-s-rk-no-2-sibolga-sedang-asyik-belajar-berkelompok-pelajaran-bahasa-indonesia-yang-diajarkan-walikelas-mereka-ranap-situmorang

Belajar
Berarti hal ini ditujukan untuk kepada siswa. Karena subjek yang melakukan belajar adalah siswa/murid/mahasiswa. Belajar memang kegiatan yang dilakukan tanpa mengenal tepat, orang, ataupun waktu. Maka ada istilah belajar bisa dimana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Jadi belajar sebenarnya tidak bisa diartikan secara sempit hanya untuk murid atau siswa atau mahasiswa saja.


Mengajar

Berarti kata ‘mengajar’ mengarah kepada sosok pengajar, yaitu guru/dosen. Orang yang dipercaya untuk bisa ‘memberi pelajaran’ kepada muridnya, membagikan ilmu yang didapat kepada anak didiknya. Inilah tugas mulia dari para pengajar, yang harus diakui bahwa ini tidaklah mudah.

Kedua aspek diatas memang harus optimal, untuk memaksimalkan proses pendidikan, baik disekolah, di kampus, ditempat kursus, atau dimanapun. Bagaimana anak belajar dan bagaiman guru atau dosen menyampaikan pelajaran, proses itulah yang akan membawa suatu hasil kongkret nantinya.

Kedua subjek pendidikan ini (siswa & guru) memang perlu 1 hal, yaitu kreatifitas. Kreatifitas diperlukan agar proses pembelajaran tidak membosankan dan hasilnya pun maksimal. Untuk itu diperlukan cara-cara atau metode-metode yang menarik dan membangun, untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: